Sambal Ikan Tongkol Lapa Laok

7:34:00 PM

Di desa lapa laok memiliki potensi alam yang sangat melimpah salah satunya yaitu hasil laut ikan tongkol. Ikan tongkol disini hanya dijual mentahan hasil dari nelayan. Tanpa diolah kembali hasil ikan tersebut langsung di jual kepada konsumen.

Untuk menambah hasil nilai jual kami kelompok KKN 78 Universitas Trunojoyo Madura membuat inovasi ikan tongkol diolah menjadi sambal ikan tongkol, sehingga masyarakat tidak bosan dengan ikan tongkol. Dengan adanya inovasi ini penjualan ikan tongkol juga akan meningkat karena tidak semua masyarakat menyukai ikan laut dengan dibuatnya sambal ikan tongkol maka masyarakat yang tidak menyukai ikan tongkol bisa menikmatinya karena sambal ikan tongkol ini bisa digunakan sebgai pelengkap lauk atau hanya sebagai cocolan untuk gorengan atau cemilan bahkan bisa digunakan sebagai lauk pauk karena adanya campuran ikan tongkolnya.

             
Cara pembuatan ikan tongkol ini sangatlah mudah. Pertama, siapkan  alat dan bahan-bahan yang akan dibuat sambal ikan tongkol yaitu ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, garam dan penyedap rasa. Masukkan bumbu-bumbu  dan ikan tongkol yang sudah diblender serta tumis ikan sampai matang dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya  dinginkan dan kemas ke dalam botol yang telah disiapkan.  Sambal ikan tongkol it’s ready to eat ...

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »