Nugget Ikan Tongkol, Manfaatkan Potensi Laut dari Lapa Laok

1:53:00 AM

Sumber daya alam yang melimpah harus didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas pula untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki. Maka dari itu pelatihan, pengelolaan sumber daya alam yang ada harus dapat diimplementasikan dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang betapa pentingnya pengelolaan sumber daya alam bagi perekonomian dan bagaiamana cara mengolah sumber daya alam itu sendiri untuk dapat menjadi produk yang lebih memiliki nilai jual yang lebih. Sehingga dengan adanya pengelolaan sumber daya alam yang ada akan dapat memperkuat perekonomian suatu daerah secara 

Ikan Tongkol merupakan salah satu hasil komoditas laut terbesar yang dihasilkan di wilayah dusun Bujaan desa Lapa Laok. Para nelayan selama ini ikan laut di dusun Bujaan oleh masyarakatnya hanya dijual secara mentah atau kering saja, itupun dengan harga yang relative rendah atau murah. Dengan pengolahan produk  hasil laut yang ada diharapkan nantinya dapat meningkatkan nilai jual dari produk sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Peserta yang menhadiri kegiatan tersebut yakni ibu-ibu warga desa Lapa Laok dan kelompok ibu-ibu PKK antusias dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan pengolahan naugget ikan tongkol tongkol, hal ini dibuktikan dengan adanya pertanyaan-pertanyaan seputar pembuatan naugget ikan tongkol tongkol tersebut dan ibu-ibu yang ikut berpartisipasi mencoba membuat olahan nugget tersebut bersama mahasiswa KKN 

Bentuk kegiatan dan rangkaian acara berupa sharing hearing tentang pelatihan pembuatan naugget ikan tongkol Tongkol, dengan mengundang Kepala Desa Lapa Laok, ibu-ibu dan kelompok PKK dari perwakilan 4 dusun yang terdapat di Desa Lapa Laok yakni Dusun Bujaan, Budhi, Buraja dan Todinding serta. Sharing dan hearing tentang manfaat ikan Tongkol yang selama ini masih belum diketahui. Metode yang digunakan adalah melalui sosialisasi dan praktik. Mahasiswa KKN mempresentasikan sekaligus mempraktekkan cara mengolah naugget ikan tongkol tongkol. Mahasiswa KKN juga mengajak serta ibu-ibu tersebut untuk berpartisipasi ikut mempraktekanya secara langsung.

Peserta yang hadir juga mencoba dari hasil nugget yang sudah matang, mereka memberikan respon yang positif terhadap olahan nugget tersebut dengan memberikan komentar yang baik. Setelah acara selesai para peserta mendapatkan naugget ikan tongkol tongkol hasil dari praktik tersebut masing-masing satu bungkus nugget untuk satu peserta.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pengolahan hasil laut yang berupa pengolahan ikan Laut menjadi Nugget ikan Tongkol dapat meningkatkan  perekonomiaan masyarakat dan dapat menumbuhkan pemikiran kreatif  masyarakat mengenai pengolahan hasil laut sehingga nantimya dapat memunculkan produk- produk baru dari pengolahan hasil laut serta dapat memasarkan secara langsung ataupun melalui internet secara kontinyu.

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »