Gula Aren Sebagai Pemanis Alternatif

10:48:00 AM
  Siwalan juga di kenal dengan nama pohon lontar atau tal (Madura:Ta’al) merupakan sebuah tanaman multiguna karena hampir semua komponennya dapat dimanfaatkan. Siwalan banyak tumbuh di daerah dekat pantai, seperti di desa Lapa Laok, kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep. Desa ini memiliki potensi utamanya berupa siwalan. Siwalan mulai dari daun, buah dan kayu dapat dimanfaatkan berbagai jenis kerajinan. Perlu kita ketahui bahwa daun siwalan bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Barang kerajinan yang dibuat dari daun siwalan salah satunya adalah tikar. Buahnya juga dapat kita konsumsi loh..kawan...
            Namun, di desa Lapa Laok hanya memanfaatkan nira siwalan untuk diolah menjadi gula aren, sedangkan buahnya tidak diolah atau tidak digunakan. Kebanyakan dari mereka membuang buah siwalan. Mungkin mereka sudah bosan karena setiap hari sudah mengkonsumsi buah tersebut. Sedangkan, kita yang  di daerahnya tidak ada potensi buah siwalan ingin mengkonsumsi buah tersebut. So, if you want eat siwalan, come on to Lapa Laok village, Madura.. it is a beautiful village..right??

            Pengen tau cara pembuatan gula aren?? Pertama, seseorang menaruh timba di ranting pohon siwalan untuk mengadahi air siwalan dan hasil air siwalan tersebut diambil pada waktu pagi hari. Setelah itu, air siwalan di masak di wajan kurang lebih 8 jam sampai nira siwalan tersebut menjadi kental dan  berubah warna. Kemudian, di cetak dalam wadah seperti mangkok. Warga biasanya menjual satu mangkok dengan harga 8 ribu. 

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »