Rahasia Totale, Keindahan Pantai Tersembunyi dan Makam di Tengah Laut

6:51:00 PM
Rahasia Totale, Keindahan Pantai Tersembunyi dan Makam di Tengah Laut


Madura, terkenal akan adat istiadat dan agama islam yang kental, salah satunya adalah desa lapa laok yang terletak di kecamatan Dungkek kabupaten Sumenep. Di Madura banyak terdapat buju’, yaitu semacam asta atau makam para leluhur yang dianggap berpengaruh dalam membangun Madura. Di lapa laok sendiri terdapat buju’ yaitu buju’ totale yakni 3 kilometer dari jalan utama desa lapa laok itu sendiri, tepatnya di dusun buraja. Lokasi buju’ totale tepat berada di pinggir laut yang dikenal warga sekitar dengan pantai totale menghadap langsung dengan pulau giliyan. Kata totale sendiri berasal dari kata “to” yang diucapkan dari “beto(batu)” dan “tale” yaitu berarti tali. Didekat bujuk totale terdapat dua tempat semacam tempat pertapaan di dekat buju’ totale,

Ungkap Rahasia Buju' Totale, Makam di Tengah Laut
gambar : plat-m , bukan gambar sesungguhnya. penulis tidak dapat menyebarkan gambar buju' yang asli
Ada hal menarik yang ditemukan di buju’ totale dari masyarakat sekitar tentang cerita terdahulu yang konon katanya jika kapal bugis melintas diperairan buju’totale akan langsung tersendat dan berhenti seketika tanpa tahu penyebabnya. Hal ini membuat seketika takut orang bugis yang akan melintasinya. Dan tidak akan kembali lagi. Selain cerita tersebut dilansir dari kepala dusun bujaan yang terletak pesisir pak mas’odi, beliau juga berprofesi sebagai nelayan selama 18tahun dan sekarang menyambi sebagai pengerajin kayu bahwasanya makam asli dari buju’ totale terdapat di dasar laut yang terbentang sampai di pulau giliyan. Beliau mengemukakan hal ini karena pada beberapa tahun yang lalu ada penyelam yang melakukan penanaman pipa air dari lapa laok ke pulau giliyan dari angkatan laut yang bisa melihat langsung makam tersebut. Kabarnya penyelam tersebut berikhtiar sebelum melakukan penyelaman dan hal tak terduga muncul ketika orang tersebut melihat kompleks pemakaman didasar laut tersebut. Sampai saat ini belum pernah ada yang melakukan penelitian lebih lanjut soal tersebut, mungkin ini adalah rahasia illahi yang patut kita renungkan. Selain itu legenda madurapun pernah berkunjung dan berziarah kesana, karena dalam sejarah joko tolelah yang memberikan nama “lapa” untuk daerah sekitar buju’ totale karena hamparan ribuan pohon kelapa yang ada.

Namun dibalik cerita tentang buju’ totale terdapat keindahan yang terhampar yakni panorama pantai totale, deretan pasir yang luas serta tumpukan batu karang yang bertabur disekitarnya, serta berhias pohon cemara. Batu karang yang menjorok ke laut sering dijadikan tempat bersantai disore hari sambil menikmati segarnya udara pantai yang juga dinamai sama yaitu pantai totale selain itu kita bisa nikmati keindahan pulau giliyang yang terlihat jelas.

Rahasia Buju' Totale, Makam di Tengah Laut

Rahasia Buju' Totale, Makam di Tengah Laut



Rahasia Totale, Keindahan Pantai Tersembunyi dan Makam di Tengah Laut

Rahasia Totale, Keindahan Pantai Tersembunyi dan Makam di Tengah Laut

Oleh : Yossi | Pendidikan Bahasa Indonesia 2013

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »