Tantangan Berkomunikasi Di Madura

1:10:00 AM
Interaksi terpenting dalam kehidupan manusia adalah komunikasi, Komunikasi merupakan interaksi atau hubungan antara dua orang atau lebih dalam menerima dan menyampaikan informasi ke orang lain. komunikasi bisa di lakukan dengan bertatap muka yang sering menggunakan Bahasa isyarat atau Bahasa non verbal dan Bahasa verbal atau lisan. Juga menggunakan komunikasi massa yang membutuhkan jaringan/ signal untuk meyambungkan komunikasi dengan jangkauan luas. Dan tak terbatas.

Lapa laok adalah nama desa tempat kami mengabdi di waktu KKN. Yang berada di daerah pesisir di kecamatan sumenep ujung timur pulau madura . Desa lapa laok terdiri dari empat dusun yakni buddhi, todinding, buje’en dan buraja. Kebiasaan orang pesisir mereka menyambung hidup dengan cara memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada. Masyarakat ini kebiasaan kegiatannya hanya dengan menikmati hasil dari sumber daya alam tanpa di pengolah. Di desa ini selain mengandalkan hasil laut. Mereka memanfaatkan kelapa sawit dan siwalan yang di sebut ta’al oleh masyarakat Madura.

Tantangan Berkomunikasi Di Madura

Komunikasi masyarakat lapa laok dengan orang asing (jawa) tidak efektif. Karena miskinya bahasa nasional yang tidak di mengerti masyarakat lapa laok. Interaksi yang di lakukan oleh orang jawa hanya menggunakan dengan bahasa non verbal. Sebab orang jawa tidak bisa menggunakan bahasa madura asli lapa laok. Orang jawa seperti tidak hidup di wilayah ini karena tidak melakukan interaksi dan komunikasi secara langsung. Ujar yani. “saya sudah satu minggu di wilayah lapa laok dan sangat sulit untuk berinteraksi dengan masyarakat lapa laok. Karennna saya tidak memahami bahasa daerah di wilayah ini". Pertama kali berinteraksi dan berkomunikasi langsung itupun bersama teman asal madura. Ada seorang perempuan berumur 55 tahun dengan nama tukiyeh merespons “sapuranah kaule tak bissa abbesa indonesia ben kaule tak oning sekale” . itulah contoh dan respons warga lapa laok ketika bertemu dangan orang asing. Mereka tidak bisa memberikan respons dengan bahasa non verbal namun mereka memberikan feedback dengan bahasa isyarat atau non verbal. Menurut saya komunikasi ini tidak efektif. Karena komunikan dan komunikator sulit memahami bahasa dari satu sama lain.

Tantangan Berkomunikasi Di Madura

Dari pengalaman ini penulis menjadikan tantanagan berkomunikasi dengan orang madura, dengan kendala yang kurangnya atau miskinnya bahasa nasional yang di miliki untuk berkomunikasi dengan orang asing. Guys jangan minder dan menyerah bila bertemu dan berkunjung di pulau madura.

Artikel dari : Aprilia Indah Yani | Ilmu Komunikasi 2013

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »