Jangan Ada Lagi yang Buta Huruf di Lapa Laok!

5:49:00 PM
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia dan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan. Kemampuan mendasar yang harus dikuasai dalam pendidikan yaitu kemampuan membaca dan menulis. Berdasarkan informasi yang diperoleh diketahui bahwa pendidikan di Desa Lapa Laok masih minim. Dilihat dari lembaga pendidikan yang berdiri yaitu SDN Lapa Laok II dan MI Miftahul Ulum. Selain itu, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan masih kurang. Kurangnya kesadaran masyarakat menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan dan tingginya angka buta aksara.

buta aksara di lapa laok sumenep


Perwakilan Kelompok KKN 04 melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala dusun yang ada di desa Lapa Laok. Setelah menemui kepala dusun, perwakilam kelompok mendatangi masyarakat secara door to door untuk mengikuti pelatihan buta aksara. Berdasarkan sosialisasi diperoleh data bahwa yang membutuhkan pelatihan buta aksara yaitu dusun Bujaan dan dusun Buddhi.

Dan informasi yang diterima, sebelumnya terdapat pelatihan buta aksara namun sudah tidak berjalan. Oleh karena itu, kami KKN 04 UTM tahun 2016 mengusulkan untuk menghidupkan kembali pelatihan buta aksara. Pelatihan buta aksara dilaksanakan di 2 Dusun yaitu dusun Bujaan dan Buddhi. Di dusun Bujaan dibagi menjadi 2 tempat dikarenakan alasan lokasi yang jauh dan peserta sudah lansia. Pelaksanaan pelatihan buta aksara di Dusun Bujaan berdasarkan permintaan dilaksanakan setiap malam. Sedangkan di Dusun Buddhi dilaksanakan 2 kali dalam seminggu yaitu pada malam Senin dan malam Rabu.

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »