Inovasi Baru, Selai Semangka Asli!

8:32:00 PM
Semangka merupakan salah satu kekayaan alam melimpah yang terdapat di desa lapa laok. Para petani semangka biasanya memulai menanam semangka pada musim kemarau dan biasanya dibutuhkan waktu dua bulan untuk bisa memanen semangka tersebut. Hasil panen semangka tersebut kemudian akan dijual langsung oleh para petani semangka baik dijual di daerah Dungkek maupun dijual langsung ke luar daerah seperti dijual ke daerah Bangkalan dan Surabaya.


Selai Semangk Lapa Laok



Penjualan hasil panen semangka yang dilakukan secara langsung oleh masyarakat Lapa laok di daerah Dungkek memperoleh keuntungan yang sedikit. Hal tersebut diakibatkan karena nilai jual Semangka terutama pada saat panen raya, bernilai sangat rendah bahkan penduduk desa Lapa laok memilih untuk tidak memanen hasil pertanian semangka dikarenakan biaya yang dibutuhkan tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh yang artinya harga jual semangka di daerah Dungkek sangat murah dan bahkan tidak memiliki harga jual.

Selai Semangk Lapa LaokDalam mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa petani yang menjual hasil panen semangkanya ke luar daerah seperti yang dilakukan oleh salah satu petani semangka ( Bapak. Yanto ) yang memilih untuk menjual hasil panen semangkanya ke daerah Bangkalan. Menurut penuturan bapak Yanto, harga jual semangka di daerah Bangkalan jauh lebih tinggi dibandingkan harga jual di daerah Dungkek sehingga pak Yanto mengirim hasil panen semangka ke Daerah Bangkalan. Akan tetapi, hal tersebut membutuhkan biaya yang lebih besar pula, seperti biaya transportasi dan tenaga yang lebih dibandingkan dijual secara langsung di daerah Dungkek.

Selai Semangk Lapa Laok
Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu inovasi yang mampu meningkatkan nilai jual semangka dan target pasar yang lebih luas. Salah satu inovasi yang diterapkan dalam mengatasi hal tersebut yakni pengelolaan Semangka menjadi produk Selai, yang kemudian akan dikemas sedemikian agar dapat menarik konsumen dan diberi label “Lala” sebagai salah satu produk yang khas dari Desa. Lapa laok. Dengan produk selai ini, diharapkan mampu meningkatkan harga jual dari semangka dan pemasarannya akan lebih mudah, selain itu, diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan SDM warga Desa Lapa laok.

Untuk resep pembuatan Silahkan ke artikel selanjutnya mengenai Resep selai semangka lala

Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »