Cobbhuk, Kerajinan Keren Serbaguna dari Alam Khas Desa Lapa Laok

3:37:00 PM
Daun siwalan dimanfaatkan oleh warga desa Lapa Laok dusun buraja untuk dijadikan sebgai cobbhu'. Cobbhu' meruakan sejenis wadah yang digunakan unutk menampung benda, cetakan dll. Diketahui Siwalan (juga dikenal dengan nama pohon lontar atau tal) adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di banyak daerah, pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta (Min.), ental (Sd., Jw., Bal.), taal (Md.), dun tal (Sas.), jun tal (Sumbawa), tala (Sulsel), lontara (Toraja), lontoir (Ambon). Juga manggita, manggitu (Sumba) dan tua (Timor).



Biasanya di saerah lain daunnya digunakan sebagai bahan kerajinan dan media penulisan naskah lontar. Barang-barang kerajinan yang dibuat dari daun lontar antara lain adalah kipas, tikar, topi, aneka keranjang, tenunan untuk pakaian dan sasando, alat musik tradisional di Timor.

Lain halnya dengan yang dilakukan oleh warga Lapa Laok dusun Burajah. mereka menggunakan daun siwalan untuk dijadikan cobbhu' . berikut adalah gambaran proses pembuatan cobbhu'.

Cobbhu' Kerajinan Keren Serbaguna dari Alam Khas Lapa Laok

Cobbhu' Kerajinan Keren Serbaguna dari Alam Khas Lapa LaokCobbhu' Kerajinan Keren Serbaguna dari Alam Khas Lapa Laok



Share this

A miracle believer and a boy who is always onfire.

Related Posts

Previous
Next Post »